Friday, July 22, 2011

8. STANDAR EVALUASI DIRI SEKOLAH ( EDS )

1.   STANDAR PROSES
STANDARD PROSES ADALAH SEKELOMPOK KOMPONEN YANG HARUS DIBUAT DAN DILAKSANAKAN DALAM KBM UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN,TERUTAMA/ KHUSUSNYA DI KELAS .
 

2. TUJUAN  STANDAR PROSES  
Memudahkan guru dan satuan pendidikan/sekolah dalam pembuatan program pelajaran yang akan dilaksanakan dalam  Proses Belajar Mengajar (PBM.)
 

3. FUNGSSI STANDAR PROSES
Sebagai acuan pembuatan program            ( Sylabus, RPP) untuk mencapai Standar Pendidikan Nasional
  4. ISI STANDAR PROSES
Sylabus sudah sesuai/relevan dengan standar.
RPP yang dirancang untuk mencapai pembelajaran EFECTIF sesuai kebutuhan siswa.
Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat.
Pembelajaran  dilaksanakan dengan methode yang interaktif, inspiratif , menyenangkan , kreatif,
    menantang dan memotivasi peserta didik.
Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelajutan .
 

5. STANDAR         PENGELOLAAN . 
STANDAR PENGELOLAAN ADALAH PENGELOLAAN SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN DAN MENUNJUKKAN ADANYA KEMANDIRIAN , KEMITRAAN, KETERBUKAAN DAN AKUNTABILITAS.
 

6.  TUJUAN STANDAR PENGELOLAAN
 
Tujuan standar pengelolaanan adalah :
Menggambarkan tingkat kualitas yang akan dicapai
Mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan dan diputuskan oleh rapat dewan pendidikan yang dipimpin oleh Kepala Sekolah .
Disosialisasikan kepada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan .

7. ISI STANDAR PENGELOLAAN 
RENKA tahunan dinyatakan  dengan RKAS
Rencana kerja tahunan dilaksanakan berdasarkan jangka pendek, menengah dan jangka panjang
Rencana kerja memuat 8 Standar Nasional Pendidikan dan budaya karakter bangsa .
 

8. FUNGSI SATANDAR PENGELOLAAN
Untuk menentukan  indikator ketercapaian hasil belajar.
Untuk peningkatan  rata rata hasil belajar
Menetapkan KKM setiap Mata Pelajaran
Untuk ketercapaian KKM setiap Mata pelajaran .
      Untuk menetapkan Program remedial            dan pengayaan 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment