1. STANDAR PROSES
STANDARD PROSES
ADALAH SEKELOMPOK KOMPONEN YANG HARUS DIBUAT DAN DILAKSANAKAN DALAM KBM UNTUK
MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN,TERUTAMA/ KHUSUSNYA DI KELAS .
2. TUJUAN STANDAR
PROSES
Memudahkan guru dan satuan pendidikan/sekolah dalam pembuatan program pelajaran yang akan dilaksanakan dalam Proses Belajar Mengajar (PBM.)
3. FUNGSSI STANDAR PROSES
Sebagai acuan pembuatan program ( Sylabus, RPP) untuk mencapai Standar Pendidikan Nasional
4. ISI STANDAR
PROSES
Sylabus sudah sesuai/relevan dengan standar.
RPP yang dirancang untuk mencapai pembelajaran EFECTIF sesuai kebutuhan siswa.
Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat.
Pembelajaran dilaksanakan dengan methode yang interaktif, inspiratif , menyenangkan , kreatif,
menantang dan memotivasi peserta didik.
Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelajutan .
5. STANDAR PENGELOLAAN .
STANDAR PENGELOLAAN
ADALAH PENGELOLAAN SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN DAN MENUNJUKKAN ADANYA
KEMANDIRIAN , KEMITRAAN, KETERBUKAAN DAN AKUNTABILITAS.
6. TUJUAN STANDAR PENGELOLAAN
Tujuan standar pengelolaanan adalah :
Menggambarkan tingkat kualitas yang akan dicapai
Mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan dan diputuskan oleh rapat dewan pendidikan yang dipimpin oleh Kepala Sekolah .
Disosialisasikan kepada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan .
7. ISI STANDAR PENGELOLAAN
RENKA tahunan dinyatakan dengan RKAS
Rencana kerja tahunan dilaksanakan berdasarkan jangka pendek, menengah dan jangka panjang
Rencana kerja memuat 8 Standar Nasional Pendidikan dan budaya karakter bangsa .
8. FUNGSI SATANDAR PENGELOLAAN
Untuk menentukan indikator ketercapaian hasil belajar.
Untuk peningkatan rata rata hasil belajar
Menetapkan KKM setiap Mata Pelajaran
Untuk ketercapaian KKM setiap Mata pelajaran .
Untuk menetapkan Program remedial dan pengayaan
No comments:
Post a Comment